Friday, December 3, 2010

HMJ dan Suprastruktur Kampus

by : Fakhriy Dinansyah
(Public Relation 2008)

         Mungkin kita kesal dengan pemerintahan di negara kita saat ini. Atau bahkan mungkin juga kita sudah tidak ingin lagi menjadi bagian dari negara ini karena pemerintahnya yang bobrok. Tetapi, mungkinkah sebuah negara berdiri tanpa adanya pemerintah?
 

        Jawabannya adalah "tidak mungkin", karena Pemerintah sebagai badan Eksekutif adalah sebuah 'suprastruktur' negara yang merupakan syarat mutlak terbentuknya sebuah negara. Yah, seburuk apapun itu.
Berangkat dari analogi diatas, UMN sebagai Universitas yang masih belajar untuk menemukan jati dirinya memerlukan badan eksekutif di setiap jurusan yang menjadi bagian dari struktur universitas.

       Badan eksekutif yang menjadi suprastuktur sebuah jurusan tersebut adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Di UMN, khususnya Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) di dua jurusan (Public Relations dan Jurnalistik), HMJ tersebut bernama "I'M KOM" (Ikatan Mahasiswa Komunikasi).

        Dengan adanya I'M KOM sebagai sebuah suprastruktur kampus sekaligus badan eksekutif jurusan, diharapkan HMJ bisa menjadi wadah yang kompeten bagi civitas academica FIKOM UMN.
Tidak seperti pemerintah negara kita, I'M KOM 'pasti' akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sebagai frontliner mahasiswa dalam setiap aktifitasnya demi kemaslahatan mahasiswa juga.

      Sebaik apa I'M KOM akan menciptakan citra dan reputasi yang baik bagi stakeholder internal dan eksternalnya?? Let we see how I'M KOM will treat 'us' :)!!
I'M KOM, Cor Unum...

No comments:

Post a Comment