Thursday, December 2, 2010

Fikom Night 2010: Aku, Kamu, dan Indonesia

S
ebuah acara akbar fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (Ilkom UMN) Fikom Night digelar Rabu (24/11) silam. Acara ini dihadiri lebih dari 200 mahasiswa dan dimeriahkan oleh penulis Raditya Dika.
Fikom Night adalah acara tahunan yang wajib dihadiri oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dari angkatan 2007 sampai angkatan 2010. Tujuan diadakannya acara ini adalah semua mahasiswa Ilkom bisa saling berinteraksi tanpa ada kesenjangan antara senior dan junior. Hal ini disampaikan oleh ketua panitia Fikom Night 2010, Gabriella Amanda (Gaby) di sela-sela acara, Rabu(24/11).
“Kita ingin agar Mahasiswa baru 2010 kenal semua. Dari 2007 sampai 2009, begitu juga sebaliknya”, ujar Gaby.
Ide terbentuknya Fikom Night ini muncul dari ketua program studi Ilmu Komunikasi, Bertha Sri Eko. Ia ingin acara seperti ini diadakan tiap tahun dengan pemilihan panitia melalui perwakilan kelas.
Tema yang diangkat tahun ini adalah “Aku, Kamu, dan Indonesia”. Apa sih maksudnya? Aku dan kamu berarti sesama anak Fikom bersatu dan melakukan sesuatu yang membanggakan untuk Indonesia.
Acara kebersamaan ini dimulai dengan registrasi para mahasiswa yang sudah membeli tiket, dilanjutkan dengan sesi foto, dan pemutaran film berjudul Keanekaragaman di Indonesia. Kemudian, seperti yang telah direncanakan oleh panitia sebelumnya, masing-masing mahasiswa diberi beberapa lembar yang bertuliskan nama peserta lain. Dari situ, mereka diharuskan mencari nama sesuai yang tertera dengan tepat.
Tak ayal masing-masing peserta langsung sibuk mencari anggota kelompoknya dan otomatis harus berkenalan dengan satu sama lainnya. Setelah berkumpul jadi satu, masing-masing kelompok diwajibkan membuat yel-yel untuk ditampilkan sebelum permainan.
Suasana bertambah seru karena sosok yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Seorang bintang tamu yang namanya sudah dikenal yaitu Raditya Dika, penulis novel Kambing Jantan dan Marmut Merah Jambu. Dalam talkshow singkat itu, ia berbagi pengalaman hidupnya. Mulai dari cerita saat pertama kali mengirimkan naskahnya ke penerbit, keluarganya yang absurd, atau pengalaman ditolak perempuan. Berkat kemampuannya dalam berinteraksi dengan penonton, tak ayal semua orang yang ada di dalam ruangan tertawa terbahak-bahak mendengar lelucon konyol yang disampaikan.
Fikom Night tidak hanya dimeriahkan oleh Raditya Dika seorang, tetapi ada beberapa mahasiswa angkatan 2007 berbagi pengalaman selama mereka magang. Lalu ada pula kejutan ulang tahun untuk salah satu dosen Ilmu Komunikasi, yaitu Joice Caroll dan dilanjutkan pelantikan ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (HMJ Ilkom) 2010, Vicky Sidharta (Public Relation ’08) dan wakilnya Ciseh Putera (Public Relation ’09).
Kemudian acara ditutup dengan makan malam dengan iringan musik dari dua band mahasiswa UMN.
Meskipun ada beberapa masalah koordinasi, tetapi Gaby menyatakan dirinya cukup puas dengan hasil kerja keras panitia. ”Semoga bisa lebih baik lagi ke depannya ketika dipegang anak 2010”, ucapnya saat ditemui di akhir acara.(JA/IM/JHD/RAN)
        Kemeriahan Acara Fikom Night 2010 (saat bergabung dengan kelompok masing-masing). Foto: Izzatul Mazidah

     Suasana Fikom Night. Foto: Izzatul Mazidah
       Raditya Dika. By : Widyasari Ginting
  
          Foto: Chairunissa
Randy Hernando
(Jurnalistik 2009)

No comments:

Post a Comment